Buah durian merupakan buah dengan bentuk bulat atau lonjong. Bagian luarnya penuh dengan duri, sedang bagian dalamnya berwarna kuning. Aroma yang ditimbulkan dari buah durian memang sangat kuat. Beberapa orang tidak menyukai bau yang terlalu menyengat. Sehingga buah durian tidak diperbolehkan masuk ke dalam transportasi umum, tempat ber AC atau tempat tertutup lainnya. Nah, mengapa bisa begitu dan kenapa ada orang yang tidak suka dengan bau durian?

Pakar kesehatan mengatakan, hal tersebut menyangkut masalah kesehatan. Orang-orang yang tidak menyukai bau yang menyengat, biasanya orang-orang yang memiliki kondisi medis hyperosmia, karena kesensitivitasan yang berlebihan pada aroma tertentu.

Orang-orang dengan kesensitivitasan yang berlebihan, misalnya mencium aroma yang terlalu menyengat dapat mengalami sensasi gelisah atau depresi, termasuk jika mencium aroma buah durian. Sekitar 25 hingga 50 persen, orang akan mengalami sakit kepala migrain saat menghirup aromanya. Selain aroma buah durian, produk seperti parfum, pembersih juga dapat memberikan efek yang sama.

Hyperosmia, bukan hanya satu-satunya kondisi yang menyebabkan orang tidak suka dengan bau durian. Saat menjadi ibu hamil tingkat kesensitivitas meningkat, sehingga tidak menyukai bau yang menyengat. Itu juga menjadi penyebab kenapa kebanyakan ibu hamil tidak suka dengan bau durian. Berbagai macam alergi, alzheimer hingga autoimum juga menjadi penyebab ini.

Durian merupakan buah dari negara tropis, tak ayal kebanyakan orang Indonesia menyukai buah yang disebut-sebut sebagai raja buah. Bagi orang Indonesia, buah durian merupakan surga dunia, rasanya enak meski harus membeli dengan harga mahal. Berbeda dengan para wisatawan asing atau bule yang tidak menyukai bau buah durian. Hal tersebut terjadi karena sejak kecil mereka tidak terbiasa mencium aroma buah durian yang menyengat. Sehingga mereka berpikir itu aroma yang aneh. Orang asing juga beranggapan, setelah makan buah durian napas mereka akan bau dan bikin pusing.

Biasanya musim durian terjadi sekitar pertengahan September – Desember. Bagi kamu yang tidak menyukai bau durian, sebaiknya sediakan masker untuk meminimalisir bau menyengat yang ditimbulkan dari durian saat kamu bepergian. Alih-alih jalan-jalan kamu justru migran. Semoga bermanfaat!