Buah durian merupakan buah yang diminati berbagai macam kalangan, baik muda maupun tua semua suka durian. Namun bagaimana jika mengonsumsi buah durian bagi ibu hamil? Apakah aman bagi kehamilan?

Ibu hamil yang suka makan buah tentu bagus untuk kehamilan karena dapat memberikan zat gizi yang banyak saat hamil. Durian adalah salah satu buah yang banyak mengandung nutrisi. Buah yang dikenal berkulit tajam itu bisa bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung vitamin dan mineral juga organo sulfur dan triptofan yang kaya antioksidan.

Dilansir dari Young Parents, menurut dokter kandungan, dr. Gon Shen Li, at S L Goh Women’s Clinic is a Obstetrician & Gynaecologist, Singapura mengatakan, buah durian aman dikonsumsi pada ibu hamil. Karena durian kaya akan nutrisi seperti folat, kalsium, vitamin c, protein dan lipid yang baik untuk tubuh ibu hamil.

Namun terdapat aturan-aturan tertentu bagi ibu hamil yang ingin menikmati buah durian. Antara lain:

  • Buah durian sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga atau ibu hamil yang mengalami obesitas.
  • Porsi durian untuk ibu hamil hanya sebatas 5 biji dengan ukuran sedang, jadi jika buahnya berukuran besar maka porsinya harus dikurangi.

Aturan-aturan tersebut harus diikuti, mengingat buat durian juga banyak mengandung gula, lemak dan karbohidrat. Sehingga bisa meningkatkan risiko ibu hamil melahirkan bayi lebih besar. Mengonsumsi  buah durian secara berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi ibu hamil, seperti penyumbatan pada usus dan membuat calon ibu sembelit.

Jika berat bayi kurang dalam masa kehamilan, dr Goh mengatakan buah durian bisa jadi solusi untuk menambah berat bayi. Supaya lebih aman, tetap batasi jumlahnya dan konsultasikan pada dokter kandungan terlebih dahulu.

Kerepotan dalam membuka buah durian tentu bisa menjadi masalah. Apalagi jika sudah ngidam yang tidak tertahankan, rasa hati sudah ingin cepat menyantap daging buah yang lembut itu. Nah, untuk ibu hamil dan suami saat ini tidak perlu repot membuka durian.  Kerepotan itu kini memiliki solusi, terdapat sentra penjual durian yaitu Warung Duren Wak Roban yang menyajikan berbagai macam olahan buah durian. Ibu hamil dan suami bisa makan buah durian tanpa harus mengupasnya, karena di Warung Duren Wak Roban juga menyediakan duren kupas yang siap disantap dan dibawa pulang.