Durian terkenal menjadi raja buah yang diminati oleh sejumlah orang di Indonesia. Buah yang memiliki aroma sangat kuat ini dijual dengan harga yang variatif. Lain jenis, lain pula harganya. Tergantung dari tanah mana durian itu berasal sebab terdapat durian khas di setiap daerah. Untuk kamu pecinta durian tentu wajib tahu tentang ekplorasi rasa dari berbagai jenisnya berikut ini.

  1. Durian Merah khas Banyuwangi

tanamanmart.com

Durian yang berasal dari Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki warna merah yang khas. Ukurannya lebih kecil dari jenis lainnya, tetapi dagingnya sangat tebal. Jadwal panennya mulai bulan April-Mei. Wisatawan juga bisa menikmati durian merah pada gelaran Festival Durian Songgon.

  1. Durian Montong

tanamanmart.com

Jenis durian yang paling terkenal di Indonesia, salah satunya adalah durian montong. Buah yang memiliki daging khas dengan ukuran cukup besar ini berasal dari Kalimantan. Rasanya manis dan harum ketika dibuka, serta memiliki bentuk yang lonjong dan tidak beraturan.

  1. Durian Petruk

shopee.co.id

Durian petruk berwarna hijau kekuningan, tampak seperti durian yang belum matang. Namun ternyata memiliki rasa manis berpadu pahit. Durian asli Jepara ini memiliki bentuk yang lonjong serta memiliki aroma yang tajam seperti durian montong.

  1. Durian Bawor

shopee.co.id

Durian ini memiliki daging buah yang lembut dan berwarna jingga. Mirip durian montong, selain daging buah, ukuran biji durian bawor lebih kecil dan tipis. Aroma durian bawor juga tidak terlalu menyengat seperti kebanyakan buah durian lain. Biasanya durian tumbuh musiman, tetapi durian bawor bisa berbuah sepanjang tahun.

  1. Durian Lay

tokopedia.com

Durian Lay memiliki warna yang khas oranye dan sedikit pucat namun rasanya manis seperti ubi. Dagingnya tebal dengan bau yang tidak terlalu menyengat. Namun durian lay yang berasal dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah ini mengandung sedikit alkohol.

  1. Durian Si Dodol

Disebut durian si dodol karena bentuknya mirip jajanan dodol. Durian yang berasal dari Karang Intan Kalimantan Selatan memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap hama penggerek buah. Ukurannya kecil dan biasanya memiliki berat antara 1,5-2,5 kilogram. Kulitnya berwarna hijau dan memiliki bentuk duri yang tumpul. Dagingnya cukup tebal, dan manis.

Itu dia jenis durian yang terkenal di Indonesia. Untuk pecinta durian sudah mencicipi semuanya belum?